Bunyi "Tek...Tek" di Mobil Suzuki Escudo

Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo memang kadang kerap terjadi. Terakdang, kejadian ini melanda mobil-mobil yang sudah usia cukup/lumayan. Hal itu merupakan hal yang lumrah disebabkan berbagai komponen yang kemungkinan sudah aus. Oleh sebab itu, Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo merupakan bagian yang penting dan harus segera diselesaikan.
Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo
Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo 2.0

Mengapa Bunyi "Tek..Tek.." di Mobil Suzuki Escudo bisa terjadi?

Banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo. Penulis akan membuat semacam poin-poin dalam hal ini, yakni sebagai berikut:
  1. Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo yang terjadi pada Temeng Belt atau yang biasa disebut dengan Rantai Temeng. Bisa terjadi karena kendur, atau sudah aug dan harus di ganti. Rantai temeng ini memegang peranan penting. Bila tidak segera di atasi, maka bisa merempet pada bagian yang lain. Dikhawatirkan akan lebih memakan biaya lebih banyak.
  2. Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo disebabkan karena Metal Round, atau yang biasa disebut dengan Metal jalan. Penulis sendiri saat bertanya mengenai hal ini, mendapatkan informasi tentang Metal jalan yang dimaksudkan disini. Informasi yang didapat adalah bahwa Metalan Round atau Metal Jalan itu berada di dalam mesin. Tentu, perbaikannya harus membongkar seluruh mesin, atau bahasa bengkelnya turun mesin. Estimasi biaya tentu tidak seperti yang biasanya, sebab untuk upah bongkar mesin saja, bisa mencapai 2 Juta-an lebih. Namun, biasanya, upah itu bergantung pada Type mobil. Mekanik sendiri mengatakan bahwa bila mesin Diesel, biasanya lebih murah daripada Mesin Type Bensin. Karena, untuk pengerjaan lebih mudah pada Mesin Diesel, sedangkan Mesin Bensin sedikit lebih sulit. Itu karena Mesin Bensin sendiri memiliki pengapian yang berbeda, ada Busi, dan lain sebagainya. Sedangkan pada mesin Diesel, tidak ada busi.
Dua indikasi di atas, penulis dapatakan dari informasi mekanik pada suatu bengkel Mobil (Bukan Bengkel Resmi). Hanya sebatas gambaran semata. Penulis sendiri juga mengalami hal yang sama seperti kondisi di atas. Namun, penulis mendapati bahwa Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo hanya terjadi saat mesin dalam keadaan dingin saja. Bila sudah jalan, Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo sudah hilang dan tidak terasa apa-apa.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya tidak lain dan tidak bukan yaitu dengan mengunjungi bengkel terdekat, atau bahkan ke Bengkel Resmi. Ini dimaksudkan agar pengerjaan yang dilakukan benar-benar terjamin dan jauh dari kekeliruan. Kecuali, kalian bisa mengerjakannya dengan sendiri, tentu tak perlu biasa operasional.

Bagi para Driver Escudo, bila merasakan hal yang demikian di atas itu dan belum mengetahui pasti apakah Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo tersebut terjadi karena Metalan Round (Metal Jalan) atau terjadi pada Temeng Belt (Rantai Temeng), mekanik yang penulis temui juga memberikan saran untuk mengatasinya. Antara lain sebagai berikut:
  1. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengganti Jenis Oli yang digunakan, dengan memperhatikan ketebalan atau kekentalan Oli. Mekanik menyarankan untuk mengganti oli dengan takaran kekentalan oli 10-15 saja atau boleh untuk menggunakan 10-30 (itu saran dari mekanik A, mungkin berbeda dengan mekanik B di daerah kalian). Penulis sendiri awalnya bingung dengan hal ini, lantas menurut keterangan mekanik, bahwa akan terlihat tulisan angka itu pada botol Olo. Seperti yang tertera pada gambar di bawah ini:
    Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo
    Bunyi Tek Tek di Mobil Suzuki Escudo
  2. Memeriksanya kepada bengkel yang benar agar dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
Oleh sebab itu, untuk menjadi rujukan utama, mungkin tulisan ini belum berarti. Tetapi, paling tidak penulis sudah berbagi berupa informasi hanya sebatas masukan saja kepada teman-teman sekalian. Tulisan ini tidak menjamin. Oleh sebab itu, carilah informasi sebaik mungkin dan sebanyak mungkin untuk memperkaya pengetahuan kita. Penulis sendiri, sudah berulang kali membaca dari berbagai informasi. Adapun tulisan ini penulis tuliskan berdasarkan pengalaman penulis.

Terimakasih telah membaca.

Comments :

Post a Comment